Jumat, 06 Mei 2011

Android apaan sih?


sekarang lagi booming banget android, ampir banyak kalangan ngebahas makhluk satu ini
pertanyaannya ?? android tuh apa sih??

android adalah sistem operasi buatan google dan perusahaan lain yang tergabung dalam open handset alliance sejak tahun 2007. sumber dari wikipedia menyebutkan awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Sistem ini dibuat berbasis system linux sehingga bersifat open source, tentunya jika open source maka tentu saja boleh diubah dan disesuaikan isinya gratis untuk di download. tapi tidak semua aplikasi yang berbasis android ini dapat didapatkan secara gratis

saat ini banyak ponsel bermunculan dengan system operasi android seperti samsung, sony ericsson, motorola, dan lain-lain. Pada tahun 2008 pada saat android di rilis pertama kali, android dianggap sebuah fenomena di industri ponsel karena pada saat itu kebanyakan sistem operasi ponsel menggunakan system tertutup seperti blackberry, symbian, windows mobile. Versi pertama yang diluncurkan adalah versi 1.0 pada tanggal 23 sep 2008. kemudian selanjutnya diluncurkan versi 1.1 pada tanggal 9 feb 2009 dengam update pertama hanya untuk operator T-mobile G1, perbaikan pada tampilan layar dan ikon serta perbaikan API.

0 komentar:

Posting Komentar