Sabtu, 22 Mei 2010

Museum Bank Indonesia


mempelajari sesuatu tidak hanya melalui pendidikan formal yang kita dapat melalui bangku sekolah ataupun kuliah. masih banyak tempat yang dapat menjadi fasilitas kita untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah museum.

pemerintah indonesia menetapkan sebuah gerakan yang dinamakan Gerakan Nasional Cinta Museum. menurut saya gerakan ini sangat bagus karena museum dinegara kita kurang diminati oleh masyarakat, tidak seperti animo masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata atau mall. Gerakan nasional cinta museum ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang mengunjungi museum.


Dikutip blog Gerakan Nasional Cinta Museum , Museum merupakan sarana untuk mengembangkan budaya dan peradaban manusia. Dengan kata lain, museum tidak hanya bergerak di sektor budaya, melainkan dapat bergerak di sektor ekonomi, politik, sosial, dll. Di samping itu, museum merupakan wahana yang memiliki peranan strategis terhadap penguatan identitas masyarakat termasuk masyarakat sekitarnya. Para ahli kebudayaan meletakkan museum sebagai bagian dari pranata sosial dan sebagai wahana untuk memberikan gambaran dan mendidik perkembangan alam dan budaya manusia kepada komunitas dan publik.

salah satu museum yang wajib dikunjungi adalah museum Bank Indonesia. Jika anda praktisi ekonomi, mahasiswa yang kuliah dijurusan ekonomi maupun pelajar, wajib datang di museum Bank Indonesia ini. Museum yang berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta ini dibuka setap hari Selasa - Minggu (senin dan hari libur tutup). Museum ini memberikan banyak informasi mengenai sejarah perekonomian Indonesia, mulai dari jaman penjajahan hingga saat ini.

selain itu terdapat juga patung-patung yang menggambarkan bagaimana proses perekonomian pada jaman dahulu, kemudian uang-uang dari jaman dahulu hingga saat ini, uang tersebut juga bukan hanya dari Indonesia tetapi juga dari luar negeri.

museum ini juga memberikan informasi mengenai apa itu moneter, kliring, kebijakan fiskal, peredaran uang dan lain-lain, museum ini betul-betul seperti kita sedang berada di kelas pada kuliah ekonomi, sangat banyak informasi yang bisa didapatkan.

satu hal yang menarik buat saya adalah adanya sebuah ruangan yang menyimpan koleksi emas batangan yang tidak cuma 1 tetapi banyak dan bertumpuk-tumpuk, dan saya yakin pasti anda belum pernah melihat tumpukan emas batangan pada suatu ruangan.

buat anda mahasiswa, pegawai ataupun pelajar atau juga dari masyarakat umum, anda semua wajib datang ke museum ini

keterangan gambar :
Uang Logam Khusus Bank Indonesia Emisi 1970
gambar di ambil dari link

0 komentar:

Posting Komentar